Inilah Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

Kumpulan Doa Islami - Alhamdulillah hingga hingga ketika ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita sanggup melakukan ibadah puasa ramadhan di tahun ini. Semoga amalan ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal 'Alamiin. Tidak sanggup kita pungkiri, bahwa selama bulan berkat ada salah satu moment yang kita tunggu-tunggu setiap hari yakni moment berbuka puasa.

Berbuka puasa merupakan salah satu kenikmatan yang tiada tara ketika kita puasa. Tapi tahukah Anda, selain itu ternyata ada keistimewaan atau keutamaan perihal berbuka puasa yaitu menyegerakan berbuka. Tentunya hal ini sudah memasuki waktu maghrib.

Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan, jikalau waktu Maghrib sudah datang umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, diperintahkan untuk segera berbuka.

(Pelajari juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya)

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa'ad ra yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muttafaqun 'alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, menyerupai yang dicontohkan Rasulullah SAW, yaitu cara untuk menjauhkan diri dari fatwa puasa yang berlebihan yang memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ''HambaKu yang paling Aku sukai yaitu yang paling cepat berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muslim.

Menurut Imam Nawawi, jikalau kita ingin mendapat cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Imam Nawawi menambahkan, ''Selama kita mau mengikuti fatwa Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,'' tulis Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin.

Teman-teman, apakah selama ini kita sudah menyegerakan berbuka puasa? Kami yakin ya, alasannya menyerupai yang kami sebutkan diawal bahwa berbuka puasa yaitu moment yang selalu kita tunggu-tunggu.

Demikian artikel singkat yang sanggup kami share pada pertemuan kali ini, biar bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon