Tanda-Tanda Simpulan Zaman Yang Jarang Kita Sadari

Kumpulan Doa Islami - Sebagaimana kita ketahui bahwa simpulan zaman itu ada 2, yakni simpulan zaman sugra dan simpulan zaman kubro. Kiamat sugra berupa simpulan hayat individu insan mupun simpulan zaman kubra berupa hancurnya dunia dan seisinya merupakan suatu kepastian yang akan terjadi. Namun, kapan terjadinya tidak ada yang tahu kecuali hanya Allah SWT.

Allah SWT hanya memberitahukan tanda kedatangannya sebagai bentuk kasih sayang-Nya biar insan mengetahui dan mewaspadainya. Untuk itu, hendaknya kita mengetahui dan waspada terhadap gejala kedatangan kiamat, baik simpulan zaman sugra maupun kubra biar kita tidak terlena dan tidak salah dalam bertindak dan melangkah.

Tanda-tanda simpulan zaman itu ada yang belum muncul, ibarat matahari terbit dari sebelah barat. Ada juga yang sudah terlihat, ibarat maraknya fitnah. Rasulullah SAW bersabda,

"Tidak akan terjadi simpulan zaman hingga dominannya fitnah, banyaknya dusta, dan berdekatannya pasar." (HR Ahmad).
Selain itu, ada tanda simpulan zaman yang sudah terjadi dan dirasakan oleh semua orang, yaitu perputaran waktu yang cepat. Saat ini kita semua mencicipi begitu cepat waktu berlalu. Belum sempat kita berbuat sesuatu, tiba-tiba waktu sudah berganti sehingga banyak urusan yang belum sanggup diselesaikan.

Dahulu kita mencicipi dalam sehari banyak urusan yang sanggup kita laksanakan, tetapi kini dalam sehari yang sama hanya sedikit urusan yang sanggup kita laksanakan. Kenyataan yang sedang kita hadapi ini yakni tanda akan datangnya kiamat.

Rasulullah SAW bersabda,
"Tidak akan terjadi simpulan zaman sehingga waktu terasa pendek, maka setahun dirasakan ibarat sebulan, sebulan dirasakan ibarat sepekan, sepekan dirasakan ibarat sehari, sehari dirasakan ibarat satu jam serta satu jam dirasakan ibarat satu kilatan api." (HR Tirmidzi).
Namun, cepatnya perputaran waktu sebagai tanda simpulan zaman ini jarang, bahkan tidak disadari banyak orang, penyebabnya kesibukan kita dan perhatian kita yang lebih besar terhadap masalah-masalah duniawi sehingga kita tidak sadar sedang mengalami dan mencicipi satu dari sekian banyak dari gejala kiamat.

Kita terkadang hanya menyadari waktu begitu cepat berlalu, tetapi tidak sadar bahwa itu yakni tanda dari kiamat. Sebagai seorang Muslim, hendaknya kita menyadari perputaran waktu yang cepat yang kita rasakan ketika ini merupakan menandakan akan datangnya kiamat.

Selain itu biar kita tidak terlena dengan urusan duniawi sebab dengan cepatnya perputaran waktu akan mengakibatkan jatah usia kita di dunia akan cepat habis dan datangnya simpulan zaman kubra pun akan cepat terjadi.

Untuk itu, tingkatkan keyakinan dan takwa kita serta teruslah mengingat simpulan hayat sebab perputaran waktu yang cepat dan berjalan secara halus ini tidak sanggup disadari sebagai tanda simpulan zaman kecuali oleh orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Akhirnya, mari kita pergunakan sebaik-baiknya sisa usia kita yang masih ada dengan bersegera bertobat dan bersegera melaksanakan banyak sekali amal kebaikan sebelum simpulan zaman sugra maupun kubra benar-benar terjadi.

Allah SWT berfirman,

هَلْ يَنْظُرُونَ إِلا أَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ لا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا قُلِ انْتَظِرُوا إِنَّا مُنْتَظِرُونَ
Artinya :
"Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian gejala Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian gejala Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi keyakinan seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau ia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: Tunggulah olehmu, tolong-menolong kami pun menunggu (pula)." (QS al-An'am : 158).
Wallahu'alam.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon