Inilah 3 Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah



Kumpulan Doa Islami - Shalat Subuh merupakan momentum yang sangat istimewa bagi umat Islam. Namun, banyak di antara umat Islam yang mengabaikan kesempatan tersebut.

"Hal ini sangat disayangkan alasannya shalat Subuh berjamaah itu memiliki aneka macam keutamaan," kata Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba, Makassar, Sulawesi Selatan, KH Mudzakkir M Arif, dikala mengisi kultum seusai shalat Subuh berjamaah di kamar Hotel Hyatt Amsterdam, Senin (15/2) menyerupai dilansir dari laman Republika.

Mudzakkir kemudian menyebutkan tiga keutamaan shalat Subuh berjamaah. Ia mengutip Quran surah al-Isra ayat 78, yang artinya, "Dirikanlah shalat semenjak tergelincirnya matahari sampai gelapnya malam dan shalat Subuh-lah alasannya shalat Subuh itu disaksikan."



Tafsir ayat tersebut, kata Mudzakkir, bahwa shalat Subuh itu dihadiri oleh malaikat lebih banyak dibandingkan shalat-shalat yang lain.

Keutamaan yang lain dari shalat Shubuh, ujar Mudzakkir, dalam hadis Nabi dijelaskan, "Siapa yang shalat Subuh berjamaah, dia mendapat pahala sama dengan shalat sepanjang malam."

Dalam hadis yang lain, kata Mudzakkir, juga ditegaskan, "Siapa yang shalat Subuh berjamaah, dia berada di dalam tanggungan Allah sepanjang hari."

Shalat Subuh berjamaah itu diikuti para penerima West Moslem Educational Trip yang digelar oleh Indonesian Islamic Travel Communication Forum (ITTCF).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon