Bacaan Niat Sholat Gerhana Matahari Lengkap

Kumpulan Doa Islami - Sholat Gerhana Matahari hukumnya sunnah. Sholat sunnah ini dilaksanakan saat terjadi atau adanya gerhana matahari, yakni mulai saat gerhana matahari muncul hingga gerhana matahari tersebut hilang.

Ditahun 2016, kebetulan Gerhana matahari total akan terjadi di indonesia. Fenomena alam yang berlangsung pada 9 Maret 2016 ini sangat menarik perhatian wisatawan untuk menyaksikannya. Tak sedikit dari mereka yang sudah memesan hotel semenjak 2014 lalu.

Wapres Jusuf Kalla meminta warga untuk tidak menyia-nyiakan fenomena alam langka tersebut. Dia mengajak masyarakat untuk menyaksikannya meski harus memakai alat khusus. “Untuk mengoreksi kejadian tahun 1983, di mana orang diajar salah, untuk tidak sanggup melihat dan harus tinggal di rumah. Itu kesalahan besar. Oleh alasannya yaitu itu, dianjurkan justru untuk dilihat walaupun harus pakai kacamata khusus,” tegas JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin 29 Februari 2016.


Di dalam agama islam, Jika seseorang menyaksikan gerhana baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan, hendaklah ia melakukan shalat gerhana sebagaimana tata cara melaksanakannya serta doa niat sholat gerhana akan kami share dibawah.

Dan berikut yaitu Lafadz Niat Shalat Sunah Gerhana Matahari Lengkap dalam Bahasa Arab, Tulisan latin dan terjemahannya.

اُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAN LIKUSUUFISY SYAMSI ROK'ATAINI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Saya niat melakukan sholat sunnah gerhana matahari dua roka'at menjadi ma'mum alasannya yaitu Allah Ta'ala

Lafadz niat diatas yaitu untuk kita apabila menjadi ma'mum. Tetapi kalau menjadi imam maka lafadz MA'MUUMAN diganti menjadi IMAAMAN. Lengkapnya yaitu sebagai berikut :

اُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAN LIKUSUUFISY SYAMSI ROK'ATAINI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya :
Saya niat melakukan sholat sunnah gerhana matahari dua roka'at menjadi imam alasannya yaitu Allah Ta'ala

Itulah lafadz doa niat sholat gerhana matahari yang sanggup kami share. Semoga kita semua besok tanggal 9 Maret 2016 sanggup menyaksikan Gerhana Matahari Total di Indonesia serta menjalankan sholat gerhana matahari dengan bacaan niatnya sebagaimana yang sudah kami paparkan diatas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon