Bacaan Doa Tahun Gres Islam, Doa Awal Tahun Dan Tamat Tahun


Kumpulan Doa Islami - Dalam hitungan jam kita akan meninggalkan tahun 1438 Hijriah dan Insya Allah akan memasuki Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah yang bertepatan pada tanggal 21 September 2017, semoga kita semua tetap dalam lindunganNya serta memanfaatkan sisa-sisa umur kita untuk berbuat kebaikan, bertaqwa kepada Allah SWT. Amin. Sebagai umat muslim, marilah kita merayakan tahun gres islam ini dengan lantunan-lantunan doa (doa selesai tahun dan doa awal tahun), lantunan sholawat dan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an baik secara berjama'ah di masjid-masjid, mushola-mushola maupun dengan keluarga di rumah.

Dengan memanjatkan doa selesai tahun dan awal tahun tentunya kita memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang sudah kita lakukan ditahun sebelumnya serta memohon kepada Allah SWT ditahun gres ini semoga kita semua terjaga dari muslihat syaitan, mohon pemberian biar terjaga dari hawa nafsu dunia serta memohon untuk selalu dipermudahkan dalam segala kebajikan kita.

DOA AKHIR TAHUN HIJRIAH
Doa selesai tahun hijriah dibaca sebanyak 3 (tiga) kali pada waktu ashar atau sebelum masuk waktu maghrib di selesai bulan dzulhijjah. Berikut ialah bacaan doa selesai tahun dalam bahasa arab.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَامُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ. اَللهُمَّ مَاعَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّانَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَاعَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اللهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ، اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعَ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
Artinya :
Note:
Ketika doa selesai tahun ini dibaca, syaitan berkata: "Bahaya bagiku dan sia-sialah pekerjaanku setahun ini menarik hati anak cucu adam dan Allah binasakan saya sesaat dengan bacaan doa ini (doa selesai tahun), dan Allah ampunkan dosa anak cucu adam setahun yang lalu".

DOA AWAL TAHUN HIJRIAH
Sama ibarat doa selesai tahun, doa awal tahun pun dibaca 3 (tiga) kali, namun waktunya berbeda. Kalo yang selesai tahun dibaca sebelum maghrib pada selesai dzulhijjah, sedangkan doa awal tahun dibaca sehabis maghrib pada malam 1 muharram. Berikut ialah bacaan doa awal tahun hijriah dalam bahasa arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ اَللهُمَّ أَنْتَ اْلاَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ. وَعَلى فَضْلِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلُ. وَهذَاعَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَآئِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلى هذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالَ بِمَا مُقَرِّبُنِيْ اِلَيْكَ زُلْفى يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
Artinya :
Note:
Saat doa awal tahun ini dibaca, syaitan berkata: "Selamatlah orang yang membaca doa awal tahun disisa usianya tahun ini, alasannya ialah Allah mengutus dua malaikat untuk menjaganya biar saya tidak sanggup mengganggunya".

Teman-teman, itulah bacaan doa tahun gres islam dalam basaha sarab atau doa selesai tahun dan awal tahun hijriyah yang sanggup kami share pada kesempatan ini, sebagaimana kami kutip dari Buku Sabilunnajah - Fasholatan Lengkap halaman 194-196. Semoga kita semua sanggup mengamalkannya, diampuni segala dosa-dosa kita ditahun kemudian serta dijaga diri kita dari godaan syaitan di tahun yang gres ini dan seterusnya. Amin.

Jika berdasarkan temen-temen artikel ini bermanfaat bagi orang banyak, silakan teman-teman share sebanyak-banyaknya via media umum ibarat facebook, twitter, whatsapp, line dll. Agar supaya sodara, kerabat, keluarga dan teman-teman kita yang lain juga mengamalkan doa tahun gres islam ini. Terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon