Segera Ganti Ungkapan (Doa) Gws, Rip Dll Dengan Doa Ini

Kumpulan Doa Islami - Dizaman kini ini sering kali kita mendoakan saudara dan/atau sobat dengan ungkapan doa yang singkat. Misalnya ketika ada sobat yang sedang sakit, kita mengucapkan GWS (Get Well Soon) yang artinya Semoga lekas sembuh. Atau ketika ada yang meninggal kita mengucapkan RIP (Rest In Peace) "beristirahatlah dengan damai", dan/atau ungkapan-ungkapan singkat lainnya.

Meskipun ungkapan (doa) tersebut maksudnya baik, namun jauh lebih baik bila kita mengucapkannya dengan kalimat tertentu yang islami alasannya ialah kita sebagai orang muslim. Bukan artinya kita anti total dengan bahasa Inggris, akan tetapi ini ialah problem kebiasaan dan perlu diperhatikan juga makna-makna hal tersebut yang dapat jadi tidak sesuai syariat.


Nah, beberapa ungkapan (doa) ringkat yang sering kita ucapkan setiap hari dengan bahasa kekinian diantaranya ialah sebagai berikut :
  • GWS (Get Well Soon)
    Ungkapan ini sering kali kita ucapkan ketika ada sobat yang sakit. Biasanya di sosial media ketika update status sakit, dengan cepat kita menanggapi dan mendoakannya. GWS ya?
    Mulai sekarang, gantilah kebiasaan ucapan ini dengan kalimat berikut untuk mendoakan orang yang sakit biar lekas sembuh.
    ﻻَ ﺑَﺄْﺱَ ﻃَﻬُﻮْﺭٌ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ
    Artinya : Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Allah (HR. Al-Bukhari no. 5656)
    Dapat juga dikombinasikan, contohnya : "Get well soon, Laa ba’-sa thahuurun insyaaallah" terlebih bila lawan bicara kita memakai bahasa inggris.
  • Bye-bye
    Kalimat ini seringkali terucap ketika kita akan berpisahan dengan seseorang. Yups ganti kebiasaan ucapan ini dengan kalimat :
    أَسْتَوْدِعُكُمُ اللَّهَ الَّذِيْ لاَ تَضِيْعُ وَدَائِعُهُ
    Artinya :
    Aku menitipkan kau kepada Allah yang tidak akan hilang titipan-Nya (HR. Ahmad 2/403, Ibnu Majah 2/943, dan lihat Shahih Ibnu Majah 2/133)
    atau dikombinasikan menjadi : “Selamat tinggal ya, “Astaudi’ukumullaahal-ladzii laa tadhii’u wa daa-i’uh.”
  • Thank You
    Yang ini niscaya setiap ketika kita selalu mengucapkannya, sebagai ungkapan rasa terima kasih. Bisa kita ganti dengan kalimat berikut:
    جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا
    Artinya :
    Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (HR.Tirmidzi)
    atau dikombinasikan menjadi : "Terima kasih, wa jazakumullahu khaira"
  • RIP (Rest in Peace)
    Ungkapan ini sering terucap ketika ada orang yang meninggal. Bisa kita ganti dengan kalimat :
    رَحِمَهُ اللَّهُ
    Artinya :
    Semoga Allah merahmatinya

Masih banyak doa-doa ringkas lainnya yang cukup gampang dihapalkan dan dijadikan kebiasaan. Janganlah kita anggap remeh doa-doa ringkas ini, alasannya ialah kita memohon kepada Allah yang maha Besar. So rubah kebiasaan baik kita ke yang lebih baik dan terbaik. Sumber: muslimafiyah.com (18/12/2017)

Jika artikel ini bermanfaat, silakan bantu share ke teman-teman kalian biar mereka juga segera mengganti ungkapan-ungkapan singkat dengan doa singkat menyerupai yang sudah dijelaskan diatas. Terima kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon