Bacaan Doa Dikala Tertimpa Petaka Lengkap Arab Dan Artinya

Kumpulan Doa Islami - Musibah tiba secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, tragedi alam bisa tiba dimana saja dan kepada siapa saja tanpa terkecuali. Seperti yang baru-baru ini terjadi yaitu tragedi alam banjir bandang yang menimpa sodara-sodara kita yang di garut sungguh sangat memprihatinkan. Puluhan sodara kita meninggal dunia jawaban tragedi alam tersebut. Semoga sodara-sodara kita yang ada di garut tetap diberi kesabaran dan yang meninggal dunia semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Amin.

Mengingat tragedi alam bisa tiba kapanpun tanpa adanya isu terlebih dahulu, pasti kita selalu panjatkan doa setiap ketika biar selalu diberi keselamatan, contohnya menyerupai membaca doa biar terhindar dari tragedi alam yang tiba-tiba datang.

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa atau berdoa ketika tragedi alam datang. Berikut yaitu lafadz bacaannya dalam bahasa arab lengkap terjemahannya.

إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها
Artinya :
“Sesungguhnya kami yaitu milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam tragedi alam yang menimpaku dan berilah saya ganti yang lebih baik daripadanya”


Seperti dilansir dari laman Islam Pos, bergotong-royong dalam hadits Shahih Muslim disebutkan barangsiapa membaca doa tersebut diatas, pasti Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Redaksi doa tersebut menyiratkan pesan wacana hakikat kepemilikan yang seluruhnya dikembalikan kepada Allah sebagai Pemilik Sejati. Berikut mengenai pedoman bahwa segenap tragedi alam tak ada yang sia-sia, bahkan bisa berpahala, kalau si peserta tragedi alam bisa menyikapinya secara tepat. Doa tersebut juga mengandung optimisme, ditandai dengan impian kepada Allah akan karunia pengganti yang lebih baik.

(Pelajari juga: Bacaan Doa tolak Bala Lengkap Arab, Latin dan Artinya)

Musibah bisa berarti sebagai adzab, peringatan, ujian atau cobaan. Pemahaman terhadap tragedi alam dari sudut pandang ini lebih utama, alasannya yaitu sanggup menimbulkan introspeksi dan mendorong insan mengoreksi kekurangan-kekurangannya kemudian kemudian berusaha memperbaiki diri.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang lapang dada dan tetap sabar atas tragedi alam dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, seberat apapun cobaan yang diberikan yakinlah bahwa Allah SWT akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Amin.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon